Daftar Tamu

Strip kode cbox sobat

close

Rabu, 16 Maret 2016

MEMBUAT PAGE NUMBER BERBEDA POSISI PADA HALAMAN

Pada artikel ini admin akan membahas pertanyaan dari sobat belajar office yaitu : Bagaimana cara membuat header dan footer berbeda pada setiap halaman ganjil dan genapnya pada dokument microsoft word ?. Misalnya membuat page number untuk setiap bilangan ganjil berada posisi di footer sebelah kiri dan halaman genap pada posisi footer sebelah kanan.


Langkah-langkahnya sangat mudah, yaitu sebagai berikut :
  • Pertama kita sisipkan pada halaman petama page number, caranya >> klik Insert >> PageNumber >>> Button of page, kita pilih >> plain number 1.
Page Number
Page Number
  • Ketika kita aktifkan Header dan Footer maka akan muncul Tab Design, kita pilih ceklisDifferent Odd & Event Page. (page 1 akan berubah menjadi Odd Page footer)
Different Odd & Even Pages
Different Odd & Even Pages
  • Selanjutnya kita sisipkan page number pada halaman ke dua (Event Page Footer), klik Insert>> Page Number >>> Button of page, kita pilih >>> plain number 3
Contoh Hasil Different Odd & Event Pages
Contoh Hasil Different Odd & Event Pages
  • Maka akan didapat hasil setiap halaman ganjil berada di page number di fotter sebelah kiri jika halaman genap page number di footer sebelah kanan.
Kita bahas contoh lain
Misalnya kita ingin membuat penomeran halaman pada pembuatan skirpsi  yaitu dengan ketentuan halaman BAB baru page number awal ditengah bawah kemudian selanjutnya diatas sebelah kanan.
Caraanya yaitu sebagai berikut :
  • Pertama kita doubel klik pada footer
  • Ketika kita aktifkan Header dan Footer maka akan muncul Tab Design, kita ceklis >> Different First Page
  • Pada halaman pertama sisipkan nomer halaman Insert >> Page Number >>> Button of page, kita pilih >> plain number 2 (bawah tengah)
  • Selanjutnya pada halaman kedua kita sisipkan nomer halaman halaman Insert >> PageNumber >>> Top of page, kita pilih >> plain number 3 (Atas Kanan)
Berikut contoh hasilnya :
Contoh Hasil Different Fist Page

Contoh Hasil Different Fist Page
Untuk menambahakan header dan footer berupa tulisan pada prinsipnya caranya sama.
Terimakasih semoga bermanfaat.
sumber : http://www.belajaroffice.com/membuat-page-number-berbeda-posisi-pada-halaman/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar