Daftar Tamu

Strip kode cbox sobat

close

Senin, 21 Maret 2016

PROPOSAL "Pemasaran produk lokal sosis goreng kering"

PROPOSAL
PEMASARAN PRODUK LOKAL
SOSIS GORENG KERING

Diajukan
Untuk memenuhi salah satu tugas akhir uji kompetensi
Kompetensi keahlian pemasaran
Tahun ajaran 2015/2016


 












Disusun oleh
Nama         : FAHMI NURUL M
NIS             : 151610211
Kelas          : X PM 2



PEMERINTAH KABUPATEN CIAMIS
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 1 CIAMIS

Jl. Jendral sudirman no.269 telp/fax (0265) 771204 / 777719



LEMBAR PENGESAHAN
PEMASARAN
PEMASARAN SOSIS GORENG KERING


Ciamis, 16 Februari 2016


Peserta didik



Fahmi Nurul M
NIS: 151610211


Mengetahui



Ketua kompetensi keahlian pemasaran



Dedeh kurniasih. SPd.MPd
            NIP.
Guru pembimbing



Cucu Cahyani, SPd
                   NIP.





















KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadiran Allah SWT karena dengan rahmat dan karunianya sehingga penyusun dapat menyelesaikan proposal “Mengangkat Produk Lokal” dengan tepat waktu.
Dalam penyusunan ini tidak lepas dari berbagai pihak antara lain :
1.      Ibu Dra. Ika Kurniati Sardi.M.MPd, selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Ciamis;
2.      Ibu Dedeh Kurniasih,SPd.M.Pd, selaku ketua kompetensi keahlian pemasaran;
3.      Ibu Cucu Cahyani.SPd , sebagai guru pembimbing;
4.      Ibu Dini Apriani Nurramdan. SPd, sebagai wali kelas X PM.2;
5.      Orang tua tercinta yang telah memberikan dukungan berupa materi ataupun moril;
6.      Teman-teman yang telah memberikan bantuan dan suport dalam selesainya proposal ini.
Penyusun menyadari dalam penyusunan proposal ini masih jauh dari sempurna oleh karena itu kritik dan saran dari pembaca yang sifatnya membangun sangat diharapkan.
Akhirnya penyusun berharap semoga proposal ini bermanfaatnya khususnya bagi penyusun & umumnya bagi pembaca.

Ciamis, 16 Januari 2016



FAHMI NURUL M
















BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Dengan adanya perkembangan zaman yang sangat modern & tradisi tradisional mulai meluntur dan sangat terhapuskan oleh kemoderanisasian maka penyusun ingin  memperkuat dan mentradisikan hasil tradisional itu supaya dapat dikenal oleh masyrakat ciamis dan dapat dijadikan makanan khas tradisional ciamis dan tidak hilang rasa tradisionalnya. Dan karena ciamis termasuk kedalam kota yang paling subur termasuk untuk hewan-hewannya seperti ayam, maka penyusun akan menawarkan makanan tradisional yang sangat unik dan sangat berbeda dan berbahan dari ayam yang diolah oleh orang-orang ahli yang bernama sosis goreng kering.
Hal itu menjadikan alasan penyusun untuk memilih sosis goreng kering ini banyak dipasarkan di toko-toko bahkan ada salah satu perusahaan yang terkenal yang bernama PT.INDOFOOD yang memproduksi sosis goreng tersebut, namun sosis ini berbeda dengan sosis-sosis yang lainnya. Sosis ini tidak basah tetapi kering sehingga lebih enak, dan gurih. Dan yang membedakannya adalah ukuran dari potongannya sosis ini lebih kecil dari sosis – sosis yang lainnya.

B.      Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan dari pelaksanaan tugas akhir ini yaitu :
1.      Untuk memperluas pengetahuan kita mengenai peluang usaha
2.      Untuk belajar mengolah keuangan
3.      Melatih mental dan jiwa seorang wirausaha.
4.      Menjadikan motivasi untuk menjalankan wirausaha

C.      Visi Usaha
Menjadikan makanan sosis goreng kering menjadi makanan khas daerah ciamis dan banyak disukai oleh semua masyarakat dikalangan anak muda, dewasa maupun lanjut usia didaerah ciamis


D.     Misi Usaha
a.      Meningkatkan pelayanan prima yang baik
b.      Memasarkan produk ke toko-toko yang ada dikota ciamis
c.       Promosi tidak hanya menggunakan brosur dan tetapi juga secara online









































BAB II


A.     Peluang Usaha
Bisnis makanan ringan ini memiliki konsumen yang cukup luas, dari mulai usia anak-anak, remaja hingga orang tua. Peluang usaha yang ada sangat terbuka.
Karena “sosis goreng kering” merupakan makanan yang cocok di lidah dan disukai banyak orang dan bisa dimakan sambil kumpul-kumpul bareng keluarga serta bisa menjadi lauk pauk nasi.
Saya membuka usaha ini dengan cara penjualan langsung yaitu secara retail dan juga pemesanan.
Maka analisis SWUT yang akan dilakukan untuk mengetahui kekuatan produk lokal yaitu sebagai berikut :
1.      Faktor Kekuatan ( strenght )
·         Menyediakan produk berkualitas
·         Memenuhi kebutuhan gizi
·         Harganya terjangkau sesuai dengan merk-merk lain
·         Bahan baku mudah didapat
·         Rasanya gurih, renyah dan berbagai jenis rasa seperti (pedas,manis,balado,dll)
2.      Faktor Kelemahan (weakness)
·         Modal kecil
·         Promosi hanya melalui penyampaian distributor cangkupan kecil
3.      Faktor peluang (Opportunity)
·         Didaerah Sekitar Belum Ada Usaha Serupa
·         Adanya dukungan dari pemerintah terhadap usaha kecil
·         Kesempatan menguasai pasar
·         Biaya produksi murah
4.      Ancaman (treath)
·         Pesaing skala besar
·         Harga bahan yang semakin mahal
·         Standarisasi mutu
·         Perubahan selera masyarakat
B.      Marketing Mix
Marketing Mix yang disebut strategi 4P yaitu mengutamakan empat unsur penting yaitu terdiri dari product (produk), price (harga), place (tempat) dan promotion (promosi).
1.      Product (produk)
Yaitu produk disini yang saya tawarkan berupa “sosis goreng kering” produk ini dibuat dari bahan-bahan pilihan untuk rasa yang khas gurih dan renyah. Disini saya membuat produk cukup menarik agar konsumen dapat berminat untuk membeli dan cara pembuatannyapun sangat mudah yaitu sbb:
1.      Pilihlah sosis yang berkualitas dan harganya terjangkau
2.      Masukan sosis kemesin potong agar sosis dapat dipotong kecil-kecil
3.      Berilah sedikit tepung agar sosis tidak teralu rapat
4.      Apabila setelah diberi tepung, masukan sosis tersebut kedalam wajan dan goreng sosis tersebut sampai kering
5.      Setelah digoreng angkat lalu tiriskan sosis tersebut kedalam wadah
6.      Setelah itu berilah bumbu sesuai keinginan anda
7.      Produk sosis goreng kering siap dipasarkan
2.      Price (harga)
Penetapan harga disini saya menawarkan harga yang relatif murah dan terjangkau oleh semua kalangan masyarakat Rp. 30.000 per kilogram sosis goreng kering.
3.      Place (tempat)
Tempat berada di jl. Otto iskandardinata letaknya sangat strategis karena jalur ini dilalui oleh masyarakat dari arah lingkar selatan dan banjar sehingga jalur ini mudah diakses oleh masyarakat dari arah manapun.
4.      Promotion (promosi)
Promosi yang dilakukan untuk mengenalkan produk tersebut adalah dan promosi penjualan dengan mengenalkan produk kepasar-pasar, toko-toko hingga warung . warung dan penjualan produk ini disekitar tempat tinggal.

Contact person            : 08979519049 (fahmi N)
e-mail                          : fahmimutaqien15@gmail.com
blogger                        : fahmimutaqien15@gmail.com

C.      Keunggulan produk
Untuk mencapai target pemasaran barang dan untuk memenuhi serta memuaskan konsumen, maka penyusun berusaha memberikan pelayanan yang sebaik mungkin. Keunggulan produk / barang yang saya pasarkan diantaranya :
·         Harga relatif murah
·         Barangnya mudah didapat
·         Disukai oleh kalangan masyarakat
·         Aman bagi kesehatan
·         Barang yang telah ditawarkan telah diketahui oleh masyarakat luas
·         Barang yang ditawarkan mempunyai mutu dan kualitas tidak diragukan lagi.
·         Produk dapat diantar kepada konsumen yang memesan





























BAB III
PERHITUNGAN MODAL DAN HARGA JUAL


A.     Rencana Penjualan
B.      Hasil Penjualan

C.      Perhitunga Rugi Laba
Target Penjualan                    Rp. 750.000
Pembelian Barang                  Rp. 625.000
Laba Kotor                               Rp. 125.000

Biaya
Transportasi    Rp. 3000
Nota                Rp. 2500
Kresek             Rp. 2500
Total Biaya      Rp. 2500
Laba bersih     Rp. 2500          Rp. 7000
                                                Rp. 117.000



D.     Analisis Keuntungan



BAB IV
PENUTUP


Kesimpulan
1.      Sosis goreng kering lebih memperkenalkan bahwa dari bahan dasar sosis bisa menjadi makanan yang spesial
2.      Kita harus bisa memperkenalkan produk lokal agar masyarakat mengetahui adanya produk lokal yang tidak kalah enak dengan produk luar
3.      Meningkatkan produk yang berkualitas

4.      Untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses diperlukan keuletan serta mempunyai motivasi untuk berusaha lebih lanjut dan dengan adanya tugas ini penyusun dapat memahami secara langsung dunia usaha yang sebenarnya, sehingga menambah wawasan bagi penyusun khusus.

1 komentar: