PROPOSAL
PEMASARAN
PRODUK LOKAL
“SOSIS GORENG
KERING”
Diajukan
Untuk
memenuhi salah satu tugas akhir uji kompetensi
Kompetensi
keahlian pemasaran
Tahun ajaran
2015/2016
Disusun oleh
Nama : FAHMI
NURUL M
NIS :
151610211
Kelas :
X PM 2
PEMERINTAH KABUPATEN CIAMIS
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 1 CIAMIS
Jl. Jendral sudirman no.269 telp/fax (0265) 771204 /
777719
LEMBAR
PENGESAHAN
PEMASARAN
PEMASARAN SOSIS GORENG KERING
Ciamis, 16 Februari 2016
Peserta didik
Fahmi
Nurul M
NIS: 151610211
Mengetahui
Ketua kompetensi keahlian pemasaran
Dedeh
kurniasih. SPd.MPd
NIP.
Guru pembimbing
Cucu Cahyani,
SPd
NIP.
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan
kehadiran Allah SWT karena dengan rahmat dan karunianya sehingga penyusun dapat
menyelesaikan proposal “Mengangkat Produk
Lokal” dengan tepat waktu.
Dalam penyusunan ini tidak lepas dari
berbagai pihak antara lain :
1. Ibu Dra. Ika Kurniati Sardi.M.MPd, selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Ciamis;
2. Ibu Dedeh Kurniasih,SPd.M.Pd, selaku ketua kompetensi keahlian
pemasaran;
3. Ibu Cucu Cahyani.SPd , sebagai guru pembimbing;
4. Ibu Dini Apriani Nurramdan. SPd, sebagai wali kelas X PM.2;
5. Orang tua tercinta yang telah
memberikan dukungan berupa materi ataupun moril;
6. Teman-teman yang telah memberikan
bantuan dan suport dalam selesainya proposal ini.
Penyusun menyadari dalam penyusunan
proposal ini masih jauh dari sempurna oleh karena itu kritik dan saran dari
pembaca yang sifatnya membangun sangat diharapkan.
Akhirnya penyusun berharap semoga
proposal ini bermanfaatnya khususnya bagi penyusun & umumnya bagi pembaca.
Ciamis, 16 Januari 2016
FAHMI NURUL
M
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dengan adanya
perkembangan zaman yang sangat modern & tradisi tradisional mulai meluntur
dan sangat terhapuskan oleh kemoderanisasian maka penyusun ingin memperkuat dan mentradisikan hasil
tradisional itu supaya dapat dikenal oleh masyrakat ciamis dan dapat dijadikan
makanan khas tradisional ciamis dan tidak hilang rasa tradisionalnya. Dan
karena ciamis termasuk kedalam kota yang paling subur termasuk untuk
hewan-hewannya seperti ayam, maka penyusun akan menawarkan makanan tradisional
yang sangat unik dan sangat berbeda dan berbahan dari ayam yang diolah oleh
orang-orang ahli yang bernama sosis goreng kering.
Hal itu menjadikan alasan
penyusun untuk memilih sosis goreng kering ini banyak dipasarkan di toko-toko
bahkan ada salah satu perusahaan yang terkenal yang bernama PT.INDOFOOD yang
memproduksi sosis goreng tersebut, namun sosis ini berbeda dengan sosis-sosis
yang lainnya. Sosis ini tidak basah tetapi kering sehingga lebih enak, dan
gurih. Dan yang membedakannya adalah ukuran dari potongannya sosis ini lebih
kecil dari sosis – sosis yang lainnya.
B.
Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan dari
pelaksanaan tugas akhir ini yaitu :
1. Untuk memperluas pengetahuan kita
mengenai peluang usaha
2. Untuk belajar mengolah keuangan
3. Melatih mental dan jiwa seorang
wirausaha.
4. Menjadikan motivasi untuk menjalankan
wirausaha
C.
Visi Usaha
Menjadikan makanan sosis
goreng kering menjadi makanan khas daerah ciamis dan banyak disukai oleh semua masyarakat
dikalangan anak muda, dewasa maupun lanjut usia didaerah ciamis
D.
Misi Usaha
a. Meningkatkan pelayanan prima yang
baik
b. Memasarkan produk ke toko-toko yang
ada dikota ciamis
c. Promosi tidak hanya menggunakan
brosur dan tetapi juga secara online
BAB II
A.
Peluang Usaha
Bisnis makanan ringan ini
memiliki konsumen yang cukup luas, dari mulai usia anak-anak, remaja hingga
orang tua. Peluang usaha yang ada sangat terbuka.
Karena “sosis goreng
kering” merupakan makanan yang cocok di lidah dan disukai banyak orang dan bisa
dimakan sambil kumpul-kumpul bareng keluarga serta bisa menjadi lauk pauk nasi.
Saya membuka usaha ini
dengan cara penjualan langsung yaitu secara retail dan juga pemesanan.
Maka analisis SWUT yang
akan dilakukan untuk mengetahui kekuatan produk lokal yaitu sebagai berikut :
1. Faktor Kekuatan ( strenght )
·
Menyediakan
produk berkualitas
·
Memenuhi
kebutuhan gizi
·
Harganya
terjangkau sesuai dengan merk-merk lain
·
Bahan
baku mudah didapat
·
Rasanya
gurih, renyah dan berbagai jenis rasa seperti (pedas,manis,balado,dll)
2. Faktor Kelemahan (weakness)
·
Modal
kecil
·
Promosi
hanya melalui penyampaian distributor cangkupan kecil
3. Faktor peluang (Opportunity)
·
Didaerah
Sekitar Belum Ada Usaha Serupa
·
Adanya
dukungan dari pemerintah terhadap usaha kecil
·
Kesempatan
menguasai pasar
·
Biaya
produksi murah
4. Ancaman (treath)
·
Pesaing
skala besar
·
Harga
bahan yang semakin mahal
·
Standarisasi
mutu
·
Perubahan
selera masyarakat
B.
Marketing Mix
Marketing Mix yang
disebut strategi 4P yaitu mengutamakan empat unsur penting yaitu terdiri dari
product (produk), price (harga), place (tempat) dan promotion (promosi).
1. Product (produk)
Yaitu produk disini yang
saya tawarkan berupa “sosis goreng kering” produk ini dibuat dari bahan-bahan
pilihan untuk rasa yang khas gurih dan renyah. Disini saya membuat produk cukup
menarik agar konsumen dapat berminat untuk membeli dan cara pembuatannyapun
sangat mudah yaitu sbb:
1. Pilihlah sosis yang berkualitas dan
harganya terjangkau
2. Masukan sosis kemesin potong agar
sosis dapat dipotong kecil-kecil
3. Berilah sedikit tepung agar sosis
tidak teralu rapat
4. Apabila setelah diberi tepung,
masukan sosis tersebut kedalam wajan dan goreng sosis tersebut sampai kering
5. Setelah digoreng angkat lalu tiriskan
sosis tersebut kedalam wadah
6. Setelah itu berilah bumbu sesuai
keinginan anda
7. Produk sosis goreng kering siap
dipasarkan
2. Price (harga)
Penetapan harga disini
saya menawarkan harga yang relatif murah dan terjangkau oleh semua kalangan
masyarakat Rp. 30.000 per kilogram sosis goreng kering.
3. Place (tempat)
Tempat berada di jl. Otto
iskandardinata letaknya sangat strategis karena jalur ini dilalui oleh
masyarakat dari arah lingkar selatan dan banjar sehingga jalur ini mudah
diakses oleh masyarakat dari arah manapun.
4. Promotion (promosi)
Promosi yang dilakukan
untuk mengenalkan produk tersebut adalah dan promosi penjualan dengan
mengenalkan produk kepasar-pasar, toko-toko hingga warung . warung dan
penjualan produk ini disekitar tempat tinggal.
Contact person : 08979519049 (fahmi N)
C.
Keunggulan produk
Untuk mencapai target
pemasaran barang dan untuk memenuhi serta memuaskan konsumen, maka penyusun
berusaha memberikan pelayanan yang sebaik mungkin. Keunggulan produk / barang
yang saya pasarkan diantaranya :
·
Harga
relatif murah
·
Barangnya
mudah didapat
·
Disukai
oleh kalangan masyarakat
·
Aman
bagi kesehatan
·
Barang
yang telah ditawarkan telah diketahui oleh masyarakat luas
·
Barang
yang ditawarkan mempunyai mutu dan kualitas tidak diragukan lagi.
·
Produk
dapat diantar kepada konsumen yang memesan
BAB III
PERHITUNGAN
MODAL DAN HARGA JUAL
A.
Rencana Penjualan
B.
Hasil Penjualan
C.
Perhitunga Rugi Laba
Target
Penjualan Rp. 750.000
Pembelian
Barang Rp. 625.000
Laba
Kotor Rp. 125.000
Biaya
Transportasi Rp. 3000
Nota Rp. 2500
Kresek Rp. 2500
Total
Biaya Rp. 2500
Laba
bersih Rp. 2500 Rp. 7000
Rp.
117.000
D.
Analisis Keuntungan
BAB IV
PENUTUP
Kesimpulan
1. Sosis goreng kering lebih
memperkenalkan bahwa dari bahan dasar sosis bisa menjadi makanan yang spesial
2. Kita harus bisa memperkenalkan produk
lokal agar masyarakat mengetahui adanya produk lokal yang tidak kalah enak
dengan produk luar
3. Meningkatkan produk yang berkualitas
4. Untuk menjadi seorang wirausahawan
yang sukses diperlukan keuletan serta mempunyai motivasi untuk berusaha lebih
lanjut dan dengan adanya tugas ini penyusun dapat memahami secara langsung
dunia usaha yang sebenarnya, sehingga menambah wawasan bagi penyusun khusus.
MAKASI YA ILMUNYA
BalasHapus